Senin, 06 Agustus 2012

Pencerahan !!!


PANDANGAN MATANYA
Komandan tentara pendudukan berkata kepada kepada desa di pegunungan, “Kami yakin, kamu menyembunyikan seorang pengkhianat di kampungmu ini. Jika kamu tidak menyerahkannya kepada kami, dengan segala cara kami akan menyiksa kamu bersama dengan penduduk desamu.”

Kampung itu memang menyembunyikan seseorang yang tampaknya baik, tidak bersalah serta disayang semua orang. Tetapi apa daya kepada desa itu, kalau keselamatan seluruh kampungnya terancam.

Musyawarah berhari-hari di balai desa ternyata tidak menghasilkan apa-apa. Akhirnya, kepala desa membicarakan masalah itu dengan pastor di desa. Semalam suntuk mereka berdua mencari-cari pesan dalam Kitab Suci dan akhirnya menemukan pemecahan. Ada nas yang mengatakan, “Lebih baik satu orang mati daripada seluruh bangsa.”

Maka kepala desa menyerahkan orang yang tidak bersalah itu kepada tentara pendudukan, sambil memohon supaya ia diampuni. Namun orang itu justru berkata bahwa tidak ada yang perlu dimohonkan ampun. Ia tidak ingin membahayakan desa. Maka ia pun disiksa dengan kejam, sampai-sampai teriakannya terdengar di seluruh desa. Akhirnya ia dibunuh.

Dua puluh tahun kemudian seorang nabi melewati desa itu dan langsung pergi menemui kepada desa. Katanya, “Apa yang telah engkau lakukan? Orang itu ditunjuk oleh Tuhan menjadi penyelamat negeri ini. dan ia telah kau serahkan untuk disiksa dan dibunuh.”

“Tidak ada jalan lain!” Kata kepada desa membela diri. “Pastor bersama saya telah mencari pesan dalam Kitab Suci dan berbuat sesuai dengan pesan itu.”

“Itulah kesalahanmu!” Kata sang nabi. “Engkau mencari-cari dalam Kitab Suci. Seharusnya engkau juga mencari jawaban dalam matanya.”
by: Anthony de Mello, Burung Berkicau

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India