Sabtu, 20 Oktober 2012

Santo Hilarion dari gaza, Abbas



Santo Hilarion dari gaza, Abbas


Hilarion berasal dari Gaza, Palestina dan dikenal sebagai murid Santo Antini. Keluarganya masih kafir. Ketika menanjak remaja, ia dikirim belajar di Aleksandria. Di sana ia menjadi seorang yang berbudi luhur dan menjadi kristen. Cita-citanya ialah menjadi seorang petapa.

Pada masa itu rahib Antonius dari Mesir sangat terkenal. Terdorong oleh cita-citanya itu, Hilarion mengunjungi Antonius di pertapaannya dan bermaksud menjadi muridnya. Antonius menerima dan mendidiknya menjadi seorang petapa yang saleh.

Hilarion kemudian bertapa di Mayuma, Palestina. Harta warisan orang tuanya dibagi-bagikan kepada orang-orang miskin. Untuk kebutuhannya sendiri ia harus bekerja keras. Ia banyak membuat mujizat dan memberi bimbingan rohani kepada banyak orang. Konon, karena terlalu banyak yang datang kepadanya meminta nasehat dan bimbingan serta mengakukan dosanya, maka Hilarion terpaksa berpindah-pindah tempat: Mesir, Sisilia, Yugoslavia dan Siprus. Ketika mendekati ajalnya pada usia 80 tahun ia berdoa, “Keluarlah hai jiwaku, janganlah kautakuti kematian. Kristus Tuhan yang kau sembah menantimu dengan gembira di surga.” Hilarion meningga dunia pada abad IV.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

0 komentar:

Poskan Komentar