Selasa, 13 November 2012

Santo Yosef Maria Pignatelli, Pengaku Iman



Santo Yosef Maria Pignatelli, Pengaku Iman


Yosef Maria Pignatelli lahir di Saragosa, Spanyol, pada 1737. Anak bangsawan tinggi Spanyol ini mempunyai bakat-bakat ketabahan dan tahan uji yang kemudian terbukti di dalam peristiwa-peristiwa pahit yang dihadapinya. Ketika berusia 16 tahun, ia masuk Serikat Yesus di Terragona dan kemudian ditahbiskan menjadi imam pada 1763. Sebagai imam ia ditugaskan berkarya di antara orang-orang miskin di Saragosa, koa kelahirannya.

Peristiwa pahir pertama yang dihadapinya sebagai seorang imam Yesuit ialah peristiwa pengusiran imam-imam Yesuit dari negeri Spanyol oleh Raja Charles III pada tahun 1767. Bersama rekan-rekannya Yosef terpaksa menyingkir ke kota Corsica. Tak lama kemudian di Corsica pun mereka diusir lagi oleh bangsa Perancis yang menguasai daerah itu. Dari Corsica mereka pergi dan tinggal di Ferrara, Italia. Rupanya cobaan belum juga selesai: karena suatu sebab, Paus Klemens XIV (1769 – 1774) membubarkan serikat itu dan kemudian meng’awam’kan semua anggotanya.

Sementara itu selama 20 tahun Yosef sendiri tinggal di Bologna dan dari sana ia menolong rekan-rekan Yesuitnya yang kurang beruntung di pengasingan. Sementara itu muncullah angin baik di Rusia: Ratu Katerina melarang penyebaran surat yang berisi ancaman penindasan terhadap imam-imam Yesuit di negerinya. Maka di Rusia, Serikat Yesus dapat hidup dengan aman dan dapat melaksanakan tugas misionernya dengan baik. Pada tahun 1792 Pengeran dari Parma mengundang 3 orang imam Yesuit dari Italia dan meminta mereka mendirikan serikatnya di sana. Hal ini didukung pula oleh Sri Paus Pius VI (1775 - 1799).

Yosef Pignatelli sendiri bertindak sebagai superior serikat. Maka sejak saat itu Serikat Yesus mulai hidup lagi dan masuk ke Italia lagi. Sebagai langkah pertama pada tahun 1799, Yosef Pignatelli membuka novisiatnya di Colorno. Lalu pada tahun 1801, ia sendiri menyaksikan peristiwa pengesahan berdirinya kembali Serikat Yesus di provinsi Rusia oleh Paus Pius VII (1800 -  1823). Dengan usaha keras ia membangun kembali Serikat Yesus di kerajaan Napoli pada 1804. Ia sendiri bertindak sebagai provinsialnya. Sayang bahwa provinsi Yesuit yang baru ini ditindas kembali oleh bangsa Perancis hingga tenggelam. Lalu Yosef pergi ke Roma, dan di sana ia ditunjuk sebagai provinsi provinsi seluruh Italia.

Dari sana ia berusaha membaharui Serikat Yesus yang ada di Sardinia dan melindunginya dari jajahan bangsa Perancis. Walaupun Serikat Yesus belum dapat berdiri kokoh secara penuh sampai tahun 1814, namun sesudah wafatnya di Roma pada 11 November 1811, Paus Pius XII (1939 - 1958) menyatakannya sebagai 'kudus' pada tahun 1954. Dia disebut tokoh 'pembangun kembali Serikat Yesus'. Yosef Maria Pignatelli suka bekerja di kalangan kaum miskin; ia sangat baik hati, rendah hati, serta halus perasaannya. Dalam imannya yang kokoh akan penyelenggaraanAllah, ia dengan teguh dan tabah menghadapi semua kemelut yang melanda serikatnya. Banyak orang mencintainya karena kepribadiannya itu.

Sumber: Orang Kudus Sepanjang Tahun

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India